Rabu,20 Maret 2013 07:01 WIB

Penulis: Agus Sulis

Mengenal Lebih Dalam Mitsubishi Lancer Evolution VII, VIII, IX

Foto: DOK. OTOMOTIF

Mengenal Lebih Dalam Mitsubishi Lancer Evolution VII, VIII, IX


Pada 2001, pabrikan Mitsubishi mendapat desakan oleh FIA (Federation Internationale de l'Automobile) untuk turun di reli WRC dengan regulasi mobil Group A, tetapi tanpa harus membuat versi massal sebagai homologasi.

Lancer Evo-VII, VIII dan IX memakai basis mobil (platform) Mitsubishi Cedia yang berbodi bongsor karena Lancer versi CK sudah tidak diproduksi lagi pada waktu itu. Tak heran bila bobot total juga bertambah untuk generasi ini.

Mitsubishi kemudian membuat terobosan seputar sasis dan sistem drive train. Perubahan paling besar terasa pada penambahan active center differential dan limited-slip differential (LSD) yang lebih efektif pada roda belakang. Sementara helical limited-slip differential pada roda depan juga dibenahi.

Meski tak ada kewajiban dalam regulasi homologasi, tradisi GSR alias Evo versi jalan raya tetap dipertahankan. Malah, kali ini tersedia transmisi matik pada varian GT-A yang merupakan plagiat Evo-VII GSR namun lebih elegan.

Pelek alloy 17 inci, eksterior mewah, apron depan yang minim ventilasi udara dan spoiler belakang 'lebih sopan' menjadi ciri khas GT-A, selain interior premium (full leather) yang dijejali sound system dan jok Recaro.

Varian GT-A yang hanya keluar 1 tahun ini (2002), nantinya menjadi platform untuk Lancer Evo-VIII. Paling menarik pada varian  ini adalah opsi transmisi matik 5-speed yang disebut 'fuzzy logic' lantaran bisa mempelajari karakter mengemudi sang driver.

Lantaran hanya keluar 1 tahun saja, varian Evo-VIII tak lagi memakai matik fuzzy logic ini. Namun keluar lagi pada generasi ke-IX tetapi hanya pada varian estate car alias Lancer Evolution IX Wagon. Sementara varian sedan saloon Evo-IX dipersenjatai transmisi manual  berteknologi Twin Clutch SST gearbox yang berlanjut hingga ke generasi Evo-X. (mobil.otomotifnet.com)

EDITOR

billy

Selasa,19 Juli 2016 16:45 WIB

KUN 2016 Purbalingga

Selasa,12 Juli 2016 07:15 WIB

KUN 2016 Purwokerto

Rabu,20 April 2016

Galeri Foto Pertamax Drift war

Senin,14 Maret 2016

Jakarta Auto Meet 2016

Kamis,3 Maret 2016

Serunya Bocah Balap MiniGP!

Top