Selasa,2 Okt 2012 06:04 WIB

Penulis: bagja otomobil

Goodyear Bikin Ban yang Bisa Isi Angin Sendiri

Foto:

Goodyear Bikin Ban yang Bisa Isi Angin Sendiri


Hannover – Perusahaan ban asal Amerika, Goodyear menampilkan ban self-inflating, alias ban yang memompa angin otomatis di ajang International Automobil Ausstellung (IAA) 2012.
 
Ban ini secara otomatis akan mengisi angin di saat ban mengalami kekurangan angin dengan menggunakan teknologi Air Maintenance Tecnology (AMT).
 
Sistem ini telah menjalani pengujian selama beberapa tahun terakhir, dan sekarang Goodyear merasa siap untuk menampilkannya ke seluruh dunia.
 
Menggunakan sistem pandai katup dan sensor, sistem ini tidak memerlukan power supply, pompa atau piranti elektronik. Setelah sensor mendeteksi penurunan tekanan, maka akan membuka katup yang terletak di sekitar tepi dalam ban. Dan gerakan sederhana dan deformasi ban cukup untuk memaksa udara masuk ke ban, sehingga menggembungkan secara otomatis.
 
Regulator yang ada untuk mendeteksi disaat ban kekurangan angin, jadi secara otomatis regulator juga akan terbuka dan membiarkan udara dari luar masuk, berfungsi untuk memompa ban melalui pipa khusus yang ada didalamnya.


Top