Kamis,31 Jan 2013 17:40 WIB

Penulis: Agus Sulis

Mengenal Filter Oli Mobil

Foto: Kelix

Mengenal Filter Oli Mobil


Tugas penting penyaring ada di bagian mesin yakni filter oli. Pelumasan mesin yang menjadi kunci utama daya tahan mesin sangat membutuhkan penyaring berkualitas bagus.

Bisa dibayangkan pelumas yang 'jalan-jalan' dari bak penampung alias karter oli hingga ke dinding piston, pastinya membawa kotoran seperti deposit sisa pembakaran hingga partikel logam mesin yang ikut terbawa ke karter oli.

Oli yang memiliki suhu tinggi saat mesin bekerja juga memberikan kontribusi endapan kotoran. Tak heran bila filter oli hanya memiliki masa pakai 2x masa penggantian oli.

Lewat dari itu, kemampuan filter oli tak bisa diandalkan lagi karena kotoran yang berhasil disaring sudah terlalu banyak. Kemampuan menyaring pelumas sangat ditentukan dari besarnya elemen penyaring.

Semakin besar mesin dan pemakaian oli yang dikonsumsi, biasanya filter oli juga berdimensi besar. Sebaliknya bila pelumas hanya digunakan hanya sedikit, besar filter oli juga kecil.

Meski begitu, hal ini tak bisa menjadi patokan karena produsen mobil seperti Honda hanya memakai 1 jenis filter oli berukuran sedang untuk semua product line mesin keluaran mereka, mulai dari yang 1.400 cc hingga 2.400 cc. (mobil.otomotifnet.com)

EDITOR

billy

Top