Senin,24 Mei 2010 14:47 WIB

Penulis: otomotifnet.com

Yuk Pasang Speaker Full Range Buat Honda Freed

Foto:

Yuk Pasang Speaker Full Range Buat Honda Freed

OTOMOTIFNET - Membenahi audio Honda Freed salah satu kuncian bikin betah di kabin Car of The Year OTOMOTIF Award 2010 ini. Namun enggak perlu berpikir rumit dengan mengganti banyak komponen audio. Soalnya dengan pembenahan sedikit saja, sudah sangat terasa perbedaannya.

Seperti yang dilakukan Hongyono Candra, juragan Prisma Autosound, di Arteri Pondok Indah, Jaksel dengan aplikasi speaker full range. “Pakai model full range berfungsi sebagai penambah fungsi tweeter dan berguna untuk memaksimalkan kualitas audio standar,” tambahnya.

Speaker full range merupakan speaker dengan satu driver saja dan dapat mencakup suara midrange. Sangat cocok untuk tuning harian yang membebaskan pilar A dari tweeter yang kerap dibikin dudukan besar. Cara ini tidak akan mengganggu pandangan saat digunakan. Apalagi salah satu keunggulan Freed adalah pandangan yang luas dari area dasbor dan pilar A.


Gbr 1

Gbr 2

Gbr 3

Sementara untuk dudukan speaker pintu juga tidak perlu dibobok alias standar saja (gbr.1). Lewat aplikasi speaker ini suara dapat lebih fokus, baik suara tinggi dan menengah. Frekuensinya berada di kisaran 300 Hz sampai dengan 30 KHz,” tambah Hong yang suka musik dinamis ala lounge ini.

Pemasangan cukup mudah tidak perlu sampai membongkar dasbor. Hanya cukup menyambung kabel-kabel dan untuk kelistrikan cukup memakai listrik dari head unit saja(gbr.2). Jadi listrik keluaran head unit akan masuk ke pasif crossover kemudian bercabang ke full range dan speaker depan.

Waktu yang diperlukan sekitar satu jam saja untuk perkabelan. Lalu speaker ini hanya perlu dipasang double tape saja dan di tempel di sudut dasbor (gbr.3). Atau ditempat yang paling bagus posisinya.

Sekadar tambahan, full range ini sebenarnya bisa diaplikasi untuk semua mobil selain Freed. Namun sebaiknya keluaran ATPM alias bukan CBU.

“Sebab mobil keluaran ATPM rata-rata belum memakai power amplifier, sedangkan mobil keluaran CBU rata-rata memakai power amplifier di luar head unit,” tambah Hong.

Dipasaran ada beberapa merek yang merilis tipe full range ini. Misalnya Swan dan Domination yang baru diluncurkan. Hong sendiri mengaplikasikan merek Domination.

Speaker canggih ini cukup terjangkau, dengan hanya cukup merogoh kocek sebanyak Rp 2,5 juta saja sudah bisa menikmati suara berkualitas premium.

Harga ini sudah termasuk gratis crossover pasif. Akan tetapi belum termasuk biaya pemasangan dan kabel sekitar Rp 200 ribu. Kalau otomania doyan instalasi audio sebenarnya bisa saja mengerjakan sendiri.

Prisma Autosound: 021-70600053



Penulis/Foto: Dustin / Anton

EDITOR

advetorials

Selasa,19 Juli 2016 16:45 WIB

KUN 2016 Purbalingga

Selasa,12 Juli 2016 07:15 WIB

KUN 2016 Purwokerto

Rabu,20 April 2016

Galeri Foto Pertamax Drift war

Senin,14 Maret 2016

Jakarta Auto Meet 2016

Kamis,3 Maret 2016

Serunya Bocah Balap MiniGP!

Top