Kamis,4 Nov 2010 07:46 WIB

Penulis: Agus Sulis

Yamaha Lexam Tampil Di JMS 2010, Meluncur Awal Tahun Depan Siap Menyalip Revo Matik

Foto: Popo

Yamaha Lexam Tampil Di JMS 2010, Meluncur Awal Tahun Depan Siap Menyalip Revo Matik

OTOMOTIFNET - Yamaha tidak mau ketinggalan dari Honda yang sudah lebih dulu meluncurkan bebek matiknya. Tapi sebelum ikut diluncurkan, pabrikan berlogo garpu tala ini memajang bebek matiknya, Yamaha Lexam di Jakarta Motorcycle Show (JMS) 2010.

Tampilannya tetap mencirikan motor-motor Yamaha pada umumnya, dengan garis dan sudut yang tajam. Akan tetapi, Lexam tampil lebih dinamis dengan gaya yang futuristik, terutama terlihat pada batok lampunya dan juga ujung buritannya.

Nah, karena Lexam menggunakan CVT untuk menyalurkan tenaga ke sproket gear roda belakangnya, maka kita tidak akan melihat tuas perpindahan giginya pada pijakan kaki Lexam. Terlihat, hanya bantalan karet yang lebar sebagai pijakan kaki Yamaha Lexam layaknya pijakan kaki skutik. Ini salah satu yang membedakan dengan Honda Revo AT. Revo AT masih menggunakan foot step berupa batang besi yang dibungkus karet.

Meskipun sama-sama mengusung jenis bebek matik, namun GM Promotion & Motor Sport Division, Paulus S. Firmanto mengatakan, ada beberapa perbedaan seting dan teknologi pada jeroan mesin berkapasitas 115 cc yang disematkan pada Yamaha Lexam dengan kompetitornya.

"Ini kan bukan bebek biasa, meskipun kompetitor sudah lebih dulu, tapi ada beberapa prinsip yang berbeda pada Lexam, jadi bagusnya harus dicoba dulu baru terasa bedanya," janji Paulus.

Namun, Yamaha belum memberikan rincian lebih lanjut pada Yamaha Lexam. Tapi kalau penasaran, sambangi langsung both JMCS yamaha, disana kita akan melihat jeroan yamaha Lexam yang sudah dengan sengaja 'dibelah' oleh Yamaha.

Pabrikan Jepang berlogo Garpu Tala ini memang sengaja menghadirkan Lexam di JMCS untuk melihat respon dari masyarakat terhadap motor bebek bertransmisi matik ini, sementara untuk pemasarannya, kemungkinan terbesar baru akan dilakukan pada awal tahun depan.

Harganya bagaiamana? Soal harga, Paulus mengaku harga Lexam tidak akan berbeda jauh dengan Honda Revo Matik yang sudah lebih dulu beredar, yakni pada kisaran Rp 15,8 juta On The Road. "Sangat kompetitif, harganya tidak akan berbeda jauh dengan tetangga (Honda Revo AT)," janji Paulus.

EDITOR

billy

Selasa,19 Juli 2016 16:45 WIB

KUN 2016 Purbalingga

Selasa,12 Juli 2016 07:15 WIB

KUN 2016 Purwokerto

Top