Senin,29 April 2013 15:08 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

Honda Air Blade, Kini Pakai Mesin 125 cc dan Fitur PCX150

Foto: Honda

Honda Air Blade, Kini Pakai Mesin 125 cc dan Fitur PCX150


Salah satu negara yang masih memasarkan skutik Honda Air Blade adalah Vietnam. Dan menariknya, Air Blade ini baru saja mendapatkan upgrade pada sumber tenaganya. Mesinnya kini pakai mesin yang sama dengan Honda Vario Techno 125 di Indonesia, atau mesin yang basisnya diambil dari Honda PCX 125 terdahulu.

Yuk kita lihat, mesin ini mengusung 124,8 cc dengan langkah 57,9 mm dan diameter piston 52,4 mm. Power mesin yang memiliki perbandingan kompresi 11:1 dan sudah injeksi PGM-FI ini adalah 8,2 kW pada 8.500 rpm. Serupa dengan Honda Vario Techno 125 kan!

Ciri yang membuat kedua motor ini sama mesinnya adalah aplikasi ACG starter. Starter ini berbeda dengan motor starter konvensional karena digabung dengan generator. Jadi jangan heran jika fitur idling stop system juga disematkan pada Air Blade versi 2013 ini.


Penasaran dengan fitur yang kabarnya sama seperti PCX 150? Yuk di runut satu persatu. Selain idling stop system, motor ini sudah dilengkapi dengan lampu tipe projector, bukan cuma satu tapi split ada dua kanan dan kiri. Di lampu belakang, dihiasi pancaran terang lampu LED.

Lanjut ke panel indikator di speedometer, selain perangkat standar seperti penunjuk kecepatan, odometer, info bahan bakar juga dilengkapi dengan jam digital dan panduan service berkala. Oiya di panel ini juga ada indikator alarm. Ups, sudah ada alarm persis seperti yang dipasang di PCX 150 bro! Untuk mengoperasikannya bisa dilakukan lewat anak kunci.

Di bagasi, lumayan luas hingga muat helm. Selain itu dilengkapi lampu penerang bagasi untuk penerangan. Tutup tangki bukan diletakan di bawah jok tapi di bodi tengah, jadi enggak perlu turun untuk mengisi bahan bakar.


Untuk safety, tetap ada standar samping yang otomatis mematikan mesin bila dibuka. Selain itu, combi brake system juga jadi fitur standar. Untuk desain, motor ini memang lebih gambot ketimbang Vario Techno 125, selain itu aplikasi sokbraker belakang ganda jadi daya tarik tersendiri.

Kalau masuk Indonesia, cocok jadi matiknya pria. Atau jadi alternatif pemilik Vario Techno 125 yang ingin naik kelas. Setuju? (motorplus-online.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top