Rabu,12 Des 2012 08:09 WIB

Penulis: Agus Sulis

Fungsi Ganda Baut L, Pengunci Sekaligus Pengaman

Foto: Yudi

Fungsi Ganda Baut L, Pengunci Sekaligus Pengaman


Ada baut kepalanya bundar namun tengahnya ada lubang buat mata kunci. Bentuk lubangnya segienam. Orang awam menyebut baut ini L lantaran mengunakan kunci L sebagai alat pembukanya.

Baut L biasa dipakai buat menggabungkan komponen yang posisi ikatnya di lokasi sulit. Atau agak di dalam agar tak merusak estetika komponen yang diikat. Seperti baut pengikat balancer setang atau kaliper rem. Meski sekarang banyak juga diaplikasi mesin seperti di blok mesin atau di headnya.

“Tapi, ada juga yang memanfaatkan baut L sebagai pengaman dari pencuri bedebah. Apalagi kalau model atau bentuk lubang kepalanya tidak segienam namun berbentuk seperti bintang. Jadi, untuk membuka baut tersebut juga harus pakai kunci L khusus dan matanya juga bintang,” ujar Hidayat alias Kaka dari Kaka Motor di Jl. H. Abdul Rojak No. 48, RT 06/04, Pondok Gede, Jakarta Timur.

Nah, baut L bintang atau model lainnya biasa diaplikasi ke komponen yang rawan dicuri. Seperti kaliper, karburator, dan balancer setang.

“Oh iya, baut L model biasa atau bintang banyak juga ukurannya. Mulai dari L5 sampai baut L besar pun ada. Tapi, khusus ukuran besar, carinya lumayan susah karena cuma ada di toko khusus tool kit,” wanti Kaka. (motorplus-online.com)

EDITOR

billy

Top