Selasa,8 Nov 2011 06:12 WIB

Penulis: Agus Sulis

Piston Kawahara Sudah Forging

Foto:

Piston Kawahara Sudah Forging


Piston forging memang masih jarang yang meluncurkan. Dan yang baru melaunching ke pasaran yaitu merek Kawahara. Padahal gosip dan woro-woronya sudah lama dan juga sudah ramai di internet.

Piston yang dikeluarkan Kawahara ada tiga pilihan. Paling besar punya diameter 66mm. Ukuran ini sangat disukai mekanik drag bike dan juga balap liar. “Karena optimal dipasang di motor lokal untuk bisa mencapai kapasitas silinder yang besar,” jelas Jessy Liga Siswanto alias Coki, bos Kawahara.

Termasuk ukuran lubang pen yang terdapat di piston. Ukuran diameter pen 15mm. Ukuran ini dianggap paling pas dipasang di Yamaha Mio, Tiger dan banyak pilihan setang piston untuk ukuran ini.

Piston diameter 66mm ini, dihargai Rp 750 ribu. Termasuk ring piston dan pen. Lebih terjangkau dibanding piston forging keluaran LHK yang banyak dipakai di motor balap drag sekarang. Buatan LHK bisa dijual di atas Rp 1 juta.

Selain piston gambot, Kawahara juga meluncurkan piston untuk balap MotoPrix atau IndoPrix. Juga diproduksi dengan sistem forging. Ukurannya 55,25mm dan 51,24mm. Harga eceran tertinggi Rp 500 ribu. Belum termasuk ring piston namun sudah dilengkapi pen.

Kalau diamati piston forging Kawahara punya desain, bagian yang menempel pada dinding boring minimalis. Bikin sedikit gesekkan dan tidak membuang power. Termasuk ring piston juga cukup tipis namun kuat sehingga ringan gesekkan tapi tidak bikin bocor kompresi.

Bobotnya ringan karena desain serba tipis namun kuat tadi. Karena sudah diproduksi lewat sistem forging. Fleksibel atur kompresi karena kepala piston dibikin mentah. Tinggal atur bentuknya sesuai kompresi dan jenis ruang bakar yang dipakai. Info lebih lanjut bisa kontak (021) 7099-3827. (motorplus-online.com)

EDITOR

billy

Top