Minggu,16 Mei 2010 08:25 WIB

Penulis: otomotifnet.com

Atasi Skep Karburator Kawasaki Ninja 150 RR Nyangkut

Foto:

Atasi Skep Karburator Kawasaki Ninja 150 RR Nyangkut

OTOMOTIFNET - Besutan keluaran Kawasaki, keluarga Ninja 150RR atau 150R memang jadi incaran para otomania. Maklum, selain tampilannya sporti, performa mesinnya juga terkenal kencang. Namun, terlepas dari itu, tentu ada saja masalahnya.

Salah satunya pada karburator, terutama tipe Ninja 150RR. Seperti dituturkan Heru Mustafa dari bengkel Scorpio Motorsport (SM), “Kalau cuaca dingin, skepnya suka nyangkut (gbr.1), yang disebabkan adanya ruang hampa di atas skep, dan saking rapatnya gak ada jalur udara agar skep bisa naik-turun, selain itu usia pakai juga bisa jadi faktor pemicunya.”


Gbr 1

Gbr 2

Gbr 3

Gbr 4

Kok bisa ya? Padahal pengabut bahan bakar dan udara buatan Mikuni itu, skepnya sudah dilapis teflon untuk mengurangi friksi. “Segala kemungkinan bisa saja terjadi. Namanya aja motor dipake sehari-hari,” lanjut Heru.

Daripada bingung, mendingan diatasi yuk! Bisa dilakukan sendiri, kok! “Caranya gampang, cukup bikin satu lubang, posisinya di bawah skep,” tutur pemilik bengkel yang berada di Jl. Meruya Selatan, No.53, Jakbar itu.

Mari bongkar! Sebelum bikin lubang, siapkan dulu peralatannya, yaitu bor berikut matanya ukuran 8 mm (gbr.2), dan obeng kembang.

Pertama buka jok untuk memudahkan pekerjaan. Lalu lepas tangki bensin dari tempatnya, kemudian disusul boks filter udara. Setelah dibuka akan terlihat karburatornya, langsung saja kendurkan tutup skepnya dengan memutarnya ke arah kiri (gbr.3).

Sudah? Tarik ke atas maka skep akan keluar. Nah tinggal membuat lubang pada skep tersebut dengan bor tadi. “Penempatannya bisa di mana saja, asalkan ada lubang pembuangan angin (gbr.4),” urainya.

Kalau sudah selesai, pasang kembali perangkat tersebut seperti semula. Jangan lupa, sekalian cek perangkat lainnya. Seperti kabel gas lancar atau tidak. Kalau seret bisa dibersihkan dengan bensin lalu diberi pelumas. Setelah itu, coba dengan mainkan grip gas sambil jalan perlahan.

Gimana, beres kan?

Penulis/Foto: Ben / Jodi

EDITOR

advetorials

Selasa,19 Juli 2016 16:45 WIB

KUN 2016 Purbalingga

Selasa,12 Juli 2016 07:15 WIB

KUN 2016 Purwokerto

Senin,13 Juni 2016 16:00 WIB

Omes dan Imam Darto, Selamat ULTAH OTOMOTIF

Rabu,20 April 2016

Galeri Foto Pertamax Drift war

Senin,14 Maret 2016

Jakarta Auto Meet 2016

Kamis,3 Maret 2016

Serunya Bocah Balap MiniGP!

Top