Selasa,14 Mei 2013 17:39 WIB

Penulis: Agus Sulis

Kampas Kopling FR, Dilapisi Ceramic

Foto: Joppie

Kampas Kopling FR, Dilapisi Ceramic


Buat transfer daya dari engine ke roda belakang, butuh part transfer daya alias kopling. Performa kopling ini, tentu menentukan kualitas power yang diberikan. Soal performa part, salah satunya bisa diberikan lewat bahan yang diaplikasi kampas.

Jika biasanya ada kampas kopling terbuat dari bahan paper, maka kali ini ada juga yang mengaplikasi campuran paper dengan bahan lain. Ya, seperti yang disuguhkan TDR buat kampas kopling Yamaha FR80. Kampas kopling ini biasa diaplikasi buat pacuan balap Yamaha Jupiter Z.

“Kampas ini, sebenarnya tidak murni paper. Tetapi perpaduan antara paper dan ceramic. Tujuannya agar kampas lebih kuat dan makin menggigit,” ujar Benny Rachmawan, Research & Development Mitra2000 produsen part TDR.

Tetapi, ceramic sebenarnya banyak diaplikasi buat coating di liner blok silinder. Tujuannya, agar minim friksi. Lalu kalau di kampas, apa enggak takut licin tuh. “Tentu tidak. Karena ada komposisi bahan yang dipakai. Dan ini sudah melalui proses riset dan dipakai di tim-tim balap,” ungkap Benny sembari bilang harga clutch plate ceramic ini Rp 209 ribu. Menarik tuh!. (motorplus-online.com)

EDITOR

billy

Top