Rabu,25 April 2012 06:53 WIB

Penulis: Agus Sulis

Subtitusi Rantai Yamaha Vega, Pakai 420 Kejar Akselerasi

Foto: KR15

Subtitusi Rantai Yamaha Vega, Pakai 420 Kejar Akselerasi


 Tak bisa cuma ganti rantai, karena cekungan gir berbeda
Penggantian ukuran rantai kerap dilakukan buat mereka yang doyan akselerasi. Tak sekadar panjang, tapi juga ukuran lebar alias profil.

“Kalau untuk kejar akselerasi, biasanya pakai rantai yang lebih kecil. Karena lebih ringan untuk berputar,” ungkap Haris Sakti Wibowo, tunner dari MBK2W di Jogjakarta. Seperti yang diterapkan di Yamaha Vega pacuannya di ajang drag bike. Rantai Vega yang punya ukuran 428 diganti pakai yang ukuran 415 dari produk aftermarket. Misalnya; Osaki, Daytona atau SSS.

Ukuran rantai 420 lebih lebih kecin dan ringan. Nap gir juga kudu diganti
Substitusi juga bisa pakai part orisinal Yamaha Vega ZR. Yaitu, 420. Tapi, aplikasinya, kudu lakukan penggantian gir set. "Ya, depan-belakang," tambah pria akrab disapa Mletis ini.

Selain itu, dudukan alias nap gir belakang juga musti diganti. Sedang karet dumper gir, tak usah. Karena masih bisa pakai. Begitu juga di pacuan Honda. Misalnya Honda Supra Fit atau Supra X (100 cc) yang pakai rantai 428 ingin pakai rantai 420 milik Honda Blade atau Supra X 125. Kudu ganti nap gir saja. Gir depan sih, tinggal pasang, tuh.

Gitu juga sebaliknya ya!  (motorplus-online.com)  

EDITOR

billy

Top