• otomotifnet.com
  • Home
  • Roda 4
  • Roda2
  • Jip
  • Sport
  • Image
  • Video
  • Forum
  • Forum
Sabtu, 18 Februari 2012 14:23 WIB
Modifikasi On-road

JEEP JK WRANGLER 2010, Wrangler Purification

JIP - Semua orang tahu bahwa JK Jeep Wrangler merupakan produk Amerika Serikat dan kini dipasarkan di seluruh dunia. Tapi hanya JK Wrangler di Amerika Serikat dan Amerika Utara saja yang punya darah murni sebagai tradisional Jeep sejati.

Kenyataannya salah satu produk andalan Chrysler Group harus mengikuti aturan ataupun selera yang berlaku pada negara yang menjadi tujuan pasarnya. Makanya jip ini pun mengalami serangkaian penyesuaian. Sedikit banyak akan terdapat beberapa perbedaan antara versi yang dipasarkan di negara asalnya.

Perbedaan versi ini buat sebagian orang tidak terlalu jadi perhatian, namun tidak demikian dengan Ari Utama. “Wrangler yang beredar di Indonesia merupakan versi Australia sehingga ada beberapa spesifikasi yang beda dengan Wrangler di Amerika. Ini di luar letak stirnya loh,” kekeh pengusaha di bidang perminyakan ini.


Tak puas dengan JK Wrangler berkelir kuning yang baru dimilikinya, Ari bertekad “memurnikan” spesifikasinya. “JK Wrangler ini mau saya ubah sesuai dengan USDM (United State Domestic Market),” sambung Ari.

Uniknya dari semua tipe yang ditawarkan, justru tipe X yang merupakan enty level Wrangler yang menjadi pilihannya. “Dalam pandangan saya tipe X merupakan tipe paling murni yang masih mewakili semangat sebuah Jeep sejati dan bentuknya pun masih spartan,” imbuhnya bersemangat.

Semula apa yang diidamkannya masih berupa sebuah wacana. Usai melihat brosur Jeep untuk pasar Amerika milik temannya, Ari menemukan gambar JK Wrangler X short wheel base yang kemudian makin membangkitkan semangat untuk mewujudkan impiannya.



Usaha memurnikan kembali ‘darah Amerika’ sebuah Wrangler cukup serius. Semua yang bisa diganti dengan barang-barang Wrangler X segera dilakukan. Kesulitan terbesar untuk mendapatkan barang ada pada mendapatkan pintu halfdoor berikut soft-topnya. Harus rela menunggu lama untuk dapat membelinya. “Barang tersebut tergolong lumayan langka bahkan untuk di pasar Amerika sendiri. Pemasangan sistem lampu belakang dan side marker merupakan peranti yang paling rumit untuk dirangkai,” perinci Ari.

Biarpun merasa bukan langkah populer untuk kalangan pengguna JK di Indonesia, tapi Ari tetap merasa bangga karena Wrangler Purifiying sukses dilakukan. Sip!

Mesin

Menurut spek pabrik, mesin V6 3.8 liter ini mampu menelurkan tenaga 205 tenaga kuda pada 5.200 rpm. Sedangkan torsi sebesar 325 N.m berhasil dijaring pada putaran mesin 4.000 rpm. Spesifikasi tersebut dirasa cukup untuk mobilitas sehari-hari jip ini, sehingga ugrade performa pun tak perlu dilakukan. Toh, mesin ini juga sama dengan spek Wrangler yang di Amerika (ja)

Dasbor

Sebuah JK Wrangler X memang tidak dilengkapi dengan fitur power window, sekalipun untuk versi full doornya. Maka sebagai bentuk kebulatan tekad fitur tersebut pun ditanggalkan. Tak hanya itu switch power window yang di dasbor pun turut dienyahkan. Consol tengah dasbor juga diganti dengan Wrangler X (ja 1)

Lingkar kemudi

Totalitas mengubah sesuai spesifikasi Wrangler X ditunjukkan oleh pemilik jip ini hingga bagian detail kecilnya. Mulai dari pemasangan emblem Trial Rated 4x4, hingga lingkar kemudi berlapis kulit  rela digeser dengan tipe polos standar pada Wrangler X. Sayang sekali stiker X yang seharusnya nempel pada sisi bawah kiri dan kanan bulk head belum sempat dipasang lantaran masih dalam proses pengiriman dari Amerika(ja 2 & 9)

Lampu


Ciri Wrangler versi Amerika ada pada lampu belakang yang tidak mengunakan mika ataupun bohlam berwarna orange. Semuanya menggunakan mika berkelir merah. Perbedaan lain terdapat pada side lamp marker  merah yang menyatu dengan lampu belakang serta side lamp marker orange yang dipasangkan di overfender depan. (ja 8 & 12)

Kaki-kaki

Tidak ada perbedaan spek antara JK Wrangler Sport dan JK Wrangler X, begitu pun dengan bagian kaki-kakinya. Karena itu tidak ada perubahan struktur kaki-kaki pada jip ini. (ja 3 & 4)
 
Bumper

Bumper depan-belakang bawaan orisinal kendaraan diganti dengan bumper versi Amerika. Yang mana dimensinya lebih ramping dibandingkan versi Aussienya. Sedangkan bumper belakang polos tanpa dilengkapi rear fog lamp pada tiap buritan pinggir bumper. Perbedaan lainnya ada pada braket plat nomor belakang yang disematkan pada sisi kiri kendaraan.(ja 7 & 10)

Ban dan pelek

Identitas Amerika makin kentara melalui penggunaan pelek kaleng Wrangler X berukuran 16 inci yang dikolaborasikan dengan ban BFGoodrich MT KM2. Pemesanan pelek ini bahkan dilakukan jauh-jauh hari sebelum Jeep ini dibeli. (ja 6)

Pintu


Pintu halfdoor menjadi barang yang paling ditunggu-tunggu kedatangnnya oleh Ari. Tak hanya karena susah mencari barang orisinalnya namun juga harus rela menanti 4 bulan lamanya. Pemesanan pintu ini tidak sendirian, tapi diikuti softtop versi Amerika yang saat dipasang lebih pendek dibandingkan dengan versi Australia. (ja 11, 13 & 15)

Towing & winch


Sebagai penggemar Jeep dan kendaraan 4x4 sejati, kurang afdol kiranya jika piranti recovery seperti winch dan towing tidak jadi perlengkapan standar tambahan bagi jip ini. (ja 5 & 14)

Spesifikasi
 Mesin  : 3.8 liter OHV, 12-Valve SMPI V-6  (OEM JK Wrangler)
 Transmisi  : 42RLE 4 speed automatic
 Tranfercase 
 : 2 speed part time NV241 Command Trac
 Gardan  : Dana 30 (depan)
 : Dana 35 (belakang)
 Final gir  : 3.21 : 1
 Suspensi  : live axle coil spring (depan-belakang)
 Bumper  : Mopar (depan dan belakang)
 Towing belakang  : Mopar
 Dudukan plat nomor  : Mopar
 Side sign lamp  : Mopar
 Trail Rated Emblem  : OEM JK Wrangler
 Half doors  : Mopar
 Window 
 : Mopar
 Soft top   
 : Mopar
 Dash panel  : Mopar
 Steer  : Mopar
 Rear Lamp  : Mopar
 Steel wheels  : 16 x 7 Mopar
 Ban 
 : BFGoodrich MT KM2 265/75/16
 Winch  : 9.5 ti with Warn Plasma rope
 Bracket winch  : Warn
 Foot step  : Mopar
 Side step  : Mopar
 Grab Bar  
 : Mastercraft
 Karpet  : Husky Liner
 Grill mesh 
 : Mopar
 Hood protector  : Bushwacker
 Rear panel
 : Bushwacker



Penulis : Suryo Sudjatmiko