• otomotifnet.com
  • Home
  • Roda 4
  • Roda2
  • Jip
  • Sport
  • Image
  • Video
  • Forum
  • Forum
Selasa, 17 Juli 2012 21:01 WIB
Modif Honda C70, 1974 (Jakarta)

Honda C70, Menaikkan Harga Pasaran


Ini dia aliran modifikasi street cub yang bikin pasaran Honda C70 naik daun. Bebek legendaris lansiran pabrikan sayap tunggal ini sekarang jadi buruan pecinta modifikasi. Hebat!

“Street cub merupakan ubahan yang simpel. Tetap mengandalkan rangka utama namun bikin tampilan bebek lawas jadi lebih segar,” bilang Andika, sang pemilik motor lasiran 1974 ini.

Ngomongin ubahan modifiksi Honda C70 milik Andika ini, memang masih 70% masih mengandalkan part bawaan motor, sesuai pakem street cub. Coba saja perhatikan mulai dari rangka utama, lengan ayun, sampai suspensi depan model link tetap dipertahankan.

Ubahan roda jadi syarat utama agar tampilan bebek lawas ini lebih liar, makanya kaki-kaki harus digarap. “Saya pasang pelek belakang lebar 3 inci. Sedangkan pelek depan dipasang 2,15 inci. Dari bahan aluminium buatan lokal berlabel Champ,” urai Andika.

Pemasangan pelek lebar ini tentunya berbuntut pada ubahan lengan ayun belakang. Agar ban enggak mentok, arm standar harus dibikin lebar. Dudukan lengan ayun kanan-kiri dibikin melar, total lebar totalnya jadi nambah 3 inci.

“Sebetulnya kalau mau gampang tinggal pasang lengan ayun variasi. Tapi, saya tetap mempertahankan aslinya,” ujar Adityawan, builder dari bengkel Newspeed Garage yang bermarkas Jl. H. Zainudin No. 27, Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Ubahan ini juga yang bikin tampilan roda belakang lebih nyelup lantaran lebih dari setengah ban masuk ke bodi belakang. "Memang pemiliknya ingin posisi motor ceper. Makanya dipakai sok belakang yang lebih pendek," lanjut Didik, sapaan akrabnya.

Panjang arm tetap dipertahankan. Namun agar roda belakang bisa masuk dalam sepatbor harus diakali. Selain buntut sepatbor dipotong, buntut yang jadi satu dengan rangka monokok harus dibuat lebar. Simpel kok, cukup di- panasin api las untuk melebarkannya.

Areal fork depan dilebarkan tidak perlu main api las. Pasalnya ukuran ban dan pelek yang dipasang sudah maksimal. Tinggal copot sepatbor saja beres. Ruang untuk ban jadi lebih lega.

“Agar kelihatan polos, atribut bodi yang nempel di fork depan semuanya dilepas,” terang modifikator yang bermarkas di Jl. H. Zainudin, No. 27, Radio Dalam, Jakarta Selatan. (Motorplus-online.com) 

DATA MODIFIKASI

Ban depan : Mizzle Power Treed 2,50 x 17
Ban belakang : Mizzle 3,00 x 17
Stang : Kawasaki Ninja 150
Jok: Custom
New Speed Garage: 0812-82227087


Penulis : Lomo